This is your promo text. Link to something new and exciting, like a revolutionary WordPress theme!

Hidup Sebagai Orang Merdeka

Bacaan : Yoh.  8:30-36 ; 1 Pet.2:16 ;Gal.5:13

bebas dari dosa

Merdeka Dalam Kristus

Bangsa Indonesia telah mengalami penjajahan selama 350 tahun oleh Belanda dan 3.5 tahun oleh pendudukan Jepang. Menjadi orang jajahan sungguhlah tidak enak. Hak kita dirampas, dibelenggu oleh berbagai siksaan bahkan kita tidak tahu bagaimana menatap masa depan kita lagi.

Setelah bangsa Indonesia merdeka pada tgl 17 Agustus 1945, maka kita mempunyai hak untuk menentukan masa depan kita sendiri! Kita sudah Merdeka!

Kita dulunya adalah orang-orang  yang dijajah dan dibelenggu oleh dosa. Tapi ketika kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi maka kita menjadi orang merdeka! Kita dilepaskan dari belenggu dosa! Tapi sayangnya secara tidak sadar kita sering kembali terikat oleh dosa. Kita katakan “ Saya mau hidup bebas! Pokoknya saya mau melakukan apa saja karena saya orang merdeka!” kemudian kita berjudi, mabuk2an,  berzinah dan lain sebagainya.

Benarkah kita hidup dalam kemerdekaan? Tidak! Sebenarnya pada saat melakukan hal tersebut kita sedang mengikat diri kita dengan dosa! Kita bukan lagi orang merdeka!

Rasul Paulus kepada Jemaat di Galatia mengingatkan hal tersebut. “…Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi jangalah  kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa..”

Peringatan itu juga berlaku untuk kita semua, bahwa kita jangan mempergunakan kemerdekaan yang  telah diberikan Tuhan dengan harga yang sangat mahal yaitu melalui penebusan DarahNya di kayu salib itu secara sia-sia dan membiarkan diri kita terikat lagi oleh dosa. Setiap hal yang membuat kita sangat bergantung padanya  dan tanpa itu kita merasa tidak bisa hidup, maka hal tersebut  telah memperbudak kita dan kita sudah bukan orang  merdeka lagi! Hal itu juga termasuk kebiasaan-kebiasaan yang tidak memuliakan Allah.

Kita  dipanggil untuk menjadi orang merdeka, jadi jangan sia-siakan kemerdekaan yang telah dianugerahkan kepada kita itu. Maukah kita hidup benar-benar Merdeka? Maukah kita mengikat diri kita hanya kepada FirmanNya saja serta melakukannya dalam kehidupan kita sehari-hari? Maukah kita hidup menjadi berkat bagi orang di sekeliling kita? Maukah kita menghargai kemerdekaan yang telah diberikan Tuhan kepada kita?

Hiduplah sebagai orang merdeka dan menangkanlah banyak jiwa bagi Kristus!

(EYH)

Comments on this entry are closed.

Next Post: